Kenapa Telat Sadar Salah Jurusan Kuliah?

jurusan kuliah

“Ah, udahlah aku mah salah jurusan!”

Pernah nggak sih kamu denger kalimat seperti itu? Apa kamu sendiri yang pernah atau sedang merasakan hal itu?

Kalo memang iya, tenang aja kamu nggak sendirian kok!

 

Apa Pemicu Telat Sadar Salah Jurusan Kuliah?

Setiap orang yang sadar salah jurusan kuliah, diawali dari sebuah pemicu. Misalnya merasa nggak seneng dan nggak cocok dengan hal-hal yang dipelajari, setuju?

“Iya banget! Apalagi kalo pelajarannya terlalu sulit, rasanya ingin langsung pindah jurusan aja deh.”

Waduh, kalo gitu mungkin kamu perlu mengingat lagi apa alasan-alasanmu sampai memilih jurusan kuliah tersebut.

Karena apa yang kamu rasakan bisa jadi berawal dari alasan-alasan kenapa akhirnya kamu memilih jurusan tersebut.

 

5 Alasan Salah Memilih Jurusan Kuliah

Bisa jadi karena alasan-alasan ini yang membuatmu memilih jurusan kuliah tersebut. Coba cek sampai tuntas, mungkin ada salah satu alasanmu juga di sini.

 

1. Pilihan Orang Tua

Kadang keinginan anak dengan orang tua itu berbeda. Anak inginnya milih jurusan apa, tapi orang tua maunya anak mengikuti pilihan orang tua.

Padahal sang anak udah milih jurusan kuliah itu bener-bener atas minatnya. Tapi karena akhirnya nurut kata orang tua, nggak jadi masuk jurusan yang memang diminati.

 

2. Yang Penting Kuliah

Selama di bangku SMA, nggak semua orang tau nanti ketika lulus maunya apa, apa passionnya, gimana rencana ke depannya. Blank aja gitu pikirannya.

Alhasil, ketika lulus dari SMA ada yang memutuskan “Kuliah aja dulu lah.”. Setelah itu hasilnya bisa gimana entar.

 

3. Nggak Terlalu Paham Tentang Jurusannya

Kurangnya riset atau pengetahuan tentang jurusan yang dipilih juga bisa bikin seseorang merasa salah jurusan.

“Oh, jadi gini ya jurusan teknik kimia, tau gitu milih kimia aja.”

Itu salah satu contohnya. Masih ada jurusan-jurusan kuliah lainnya yang rasanya mirip padahal beda banget kalo udah tau.

Baca juga: Apa Itu Teknik Kimia?

 

4. Supaya Gampang Dapet Kerja

“Kuliah itu supaya gampang dapet kerja. Kalo udah dapet gelar kan gampang dan enak juga buat ngelamar kerja.”

Ada yang kuliah karena ingin dapet kerja plus ingin bergaji besar juga. Kenyataannya nyari kerja itu nggak cukup sekedar gelar aja.

Ilmu dan softskill yang diperoleh dari perkuliahan itu penting banget!

 

5. Ngikutin Temen

SMA tuh masa-masanya bisa seru-seruan bareng temen, ada hal-hal konyol yang dilakuin tanpa banyak beban. Kamu ngerasain itu nggak?

Hal itu juga yang bikin pertemanan di SMA itu solid, sampe rasanya sedih dan berat kalo pisah sama temen-temen SMA.

Sampe-sampe milih jurusan kuliah pun inginnya yang tetep bisa bareng-bareng. Padahal setelah dijalani nggak sesuai dengan hati nurani.

 

Nah… itulah beberapa alasan yang bisa menyebabkan salahnya memilih jurusan. Intinya memang jurusan yang dipilih nggak sesuai dengan passion atau minat.

Menurutmu, ada nggak alasan lain yang belum tercantum di atas? Tulis komentarmu di bawah ya!

 

Jadi…

Untuk kamu yang sekarang merasa salah jurusan, langkah apa yang lagi kamu pikirin untuk mengatasinya?

Mungkin kamu terpikir untuk berhenti kuliah, ganti jurusan, dan lain-lainnya. Tapi apapun itu pilihannya tetap berhati-hati sebelum memutuskan.

Setiap pilihan selalu punya resiko, bayanginnya sama aja seperti ketika memilih sebuah jurusan kuliah. Pilihan itu bisa membuahkan hasil yang cocok atau nggak.

Ingat juga, di rumah ada orang tua yang menunggu untuk dibanggakan.

Merasa salah memilih jurusan bukan berarti kamu gagal dalam kuliahmu. Kamu tetap bisa sukses menjalani kuliah. Jangan nyerah dulu!

“Kesuksesan kita di masa kuliah – bergantung besar pada bagaimana kemampuan kita mengelola masa kuliah kita.” – Iman Usman dalam Masih Belajar

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat ya untuk kamu.

 

Referensi buku: Masih Belajar
Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/O0T1SIgHAfM

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: