Tentang Puasa saat Pandemi COVID-19 Tahun 2020 vs 2021, Apakah Masih Sama?

puasa saat pandemi covid-19

Buat aku pribadi puasa saat pandemi tahun 2020 dan 2021 itu berbeda sih rasanya, meskipun masih sama-sama pandemi. Kalo menurut kamu sendiri gimana?

Ini beberapa hal tentang puasa saat pandemi menurut pendapat dan ada sedikit cerita dari aku pribadi.

 

1. Masyarakat Kaget dengan Pandemi COVID-19

Jelas masyarakat kaget atau bahkan mungkin ada yang sampai panik ketika tau corona masuk ke Indonesia. Aku sendiri termasuk yang kaget dan juga bingung saat itu.

Adanya corona ini berpengaruh terhadap banyak hal terutama masalah ekonomi dan psikis. Mungkin kamu sendiri bisa ngerasain dari pengalaman pribadi atau orang sekeliling?

Tingginya angka PHK tahun 2020 jelas langsung berimbas sama kondisi ekonomi masyarakat. Menurutku ekonomi yang terganggu juga bisa bikin seseorang stress lalu berdampak sama kondisi psikisnya.

Hal-hal tersebut membuat masyarakat kita punya beban baru yang mungkin sebelumnya nggak kebayang sama sekali di tengah-tengah puasa Ramadan tahun lalu.

Terus tahun ini gimana? Aku nggak terlalu ngikutin berita sih sekarang ini. Menurutmu gimana?

Baca juga: 5 Hal yang Dirindukan dari Ramadan Saat Masa Anak-Anak, Milenials Harus Baca!

 

2. Munculnya Kebiasaan Baru

Semenjak adanya pandemi tahun 2020 ditetapkan beberapa kebiasaan baru seperti 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Mungkin setiap puasa pada tahun-tahun sebelumnya, kita semua menjalani hidup seperti biasa aja. Mau ngapain dan kemanapun nggak terlalu memperdulikan masalah kebersihan.

Contohnya, biasanya kalo pergi beli jajanan atau takjil untuk berbuka nggak pakai masker dan nggak bawa hand sanitizer.

Tapi, sejak adanya pandemic kita harus mulai menggunakan masker dan bahkan harus mencuci tangan bukan?

Sebagian orang mungkin jadi punya kecemasan tersendiri juga setiap mau pergi keluar rumah, karena mau nggak mau kita harus mikirin orang lain juga.

Baca juga: 6 Hobi yang Dimulai Semenjak Pandemi COVID-19 Melanda

 

3. Penetapan PSBB

Nah, buat poin yang ini pasti kerasa banget buat orang-orang yang bekerja atau lebih banyak beraktivitas di luar rumah.

Ketika PSBB ditetapkan, orang-orang jadi harus lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Misalnya, kaya di Bandung tahun lalu ditetapkan bahwa PSBB dimulai sejak 22 April hingga 6 Mei 2020.

Yang biasanya di tahun-tahun sebelumnnya bisa ngabuburit di luar rumah atau bisa buka bersama teman-teman, dengan adanya PSBB ini jadi sulit. Kamu ngerasain itu juga nggak sih tahun lalu?

Pada akhirnya demi kebaikan bersama, banyak orang lebih memilih banyak diam di rumah daripada ngabuburit atau ketemu teman-teman yang lain.

Kalaupun keluar rumah, paling cuma untuk membeli keperluan atau kebutuhan primer. Iya nggak?

Baca juga: 7 Ide Kegiatan Asyik untuk Mengisi Hari Libur di Tengah Pandemi

 

4. Nggak Bisa Sholat Berjamaah di Masjid

Kamu masih inget nggak sih tahun lalu nggak bisa sholat di masjid? Ya, karena jum’atan dan tarawih tidak diperkenankan dilaksanakan secara berjamaah di masjid.

Jadi, rasanya dalam melaksanakan ibadah puasa ada yang kurang, karena nggak bisa sholat berjamaah di masjid. Setuju?

Alhamdulillah untuk tahun ini sholat tarawih sudah bisa dilaksanakan di masjid secara berjamaah, tapi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Kalo di tempatmu sendiri bagaimana? Udah diperbolehkan belum sholat berjamaan di masjid tahun ini?

Baca juga: 3 Channel Youtube Ini Ngasih Resep Makanan Favorit Tanpa Ribet!

 

5. Sholat Ied di Lapangan Terbuka

Aku ingat dulu di daerah tempat aku tinggal sempat menjadi pertimbangan apakah akan dilaksanakan sholat ied atau nggak.

Mungkin di daerah atau tempat lainnya, ada yang memilih untuk nggak melaksanakan sholat ied. Yang jelas pasti mereka punya pertimbangan sendiri.

Alhamdulillah tahun lalu di tempat tinggalku memutuskan tetap melaksanakan sholat ied di tempat terbuka dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Tapi, tahun lalu nggak ada acara salam-salaman dengan tetangga setelah selesai sholat ied. Kamu kaya gitu juga nggak sih?

Kira-kira tahun ini bakalan kaya gimana ya nanti?

Baca juga: 7 Sumber Inspirasi Menulis Ketika Jenuh, Kamu Juga Bisa Coba!

 

Lima hal di atas merupakan pendapat dan pengalamanku terkait hal-hal yang berhubungan dengan puasa saat pandemi.

Kamu punya pendapat atau cerita pengalaman lain nggak tentang puasa saat pandemi? Tulis di kolom komentar ya!

 

Kesimpulan

Menurutku puasa tahun lalu dan tahun ini sebetulnya tetap ada perbedaan, meskipun sama-sama masih pandemi.

Persamaannya adalah kita semua harus tetap beraktivitas tanpa melupakan protokol kesehatan yang berlaku.

Sedangkan perbedaannya adalah tahun ini ada beberapa kegiatan sudah diperbolehkan, salah satunya sholat berjamaah di masjid.

 

 

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/cooked-meat-with-sliced-lemon-on-white-ceramic-plate-7469428/

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: