Hal yang Harus Diperhatikan untuk Olahraga di Bulan Ramadan

tips olahraga saat puasa

Jujur ya? Setelah 21 hari Ramadan berlalu, apakah kamu rajin melakukan olahraga?

“Hmm, sebenernya sih niat mau olahraga dari hari pertama puasa udah ada. Tapi, ya gitu deh!”

Niat tanpa pelaksanaan jadi cuma sebatas wacana aja. Kalo kamu baru mau mulai olahraga di bulan Ramadan sekarang-sekarang ini, nggak ada salahnya kok.

Tapi, sebelum berolahraga perhatikan dulu beberapa hal yang aku peroleh dari berbagai sumber ini ya!

 

Kapan Waktu yang Baik untuk Berolahraga saat Puasa?

Ada tiga waktu terbaik untuk berolahraga di saat puasa, yaitu setelah berbuka puasa, setelah isya, dan sebelum sahur.

1. Setelah Berbuka Puasa

Kalo kamu memilih berolahraga setelah berbuka puasa sebaiknya kamu tunggu dulu sampai makananmu benar-benar tercerna.

Atau sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi makanan berat saat baru berbuka puasa. Kamu bisa makan makanan berat setelah berolahraga saja.

2. Setelah Isya

Jika kamu merasa kurang nyaman langsung olahraga selepas berbuka puasa, sebaiknya kamu memilih berolahraga setelah isya.

Hal ini bisa membuat kamu lebih berenergi saat berolahraga.

3. Sebelum Sahur

“Hah? Sebelum sahur juga bisa?”

Yup, bisa. Kamu bisa berolahraga setengah sebelum sahur seperti yang disampaikan dalam artikel SehatQ.

 

Lalu Olahraga Apa yang Cocok Saat Puasa?

Olahraga dengan intensitas yang ringan cukup untuk dilakukan kok, seperti jogging, bersepeda, sit up dan push up, atau sekedar berjalan.

Selain itu kamu juga bisa melakukan yoga. Kelebihannya jika kamu melakukan yoga kamu bisa sekaligus bermeditasi.

Namun, jika saat berolahraga kamu merasa lemas dan pusing, jangan dipaksakan ya!

Oh iya, selain berolahraga, ada tiga hal lain yang perlu kamu perhatikan juga untuk menjaga kesehatanmu selama berpuasa.

1. Perhatikan Asupan Makanan

Pastikan kamu mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Meskipun selama puasa hanya ada dua waktu makan, yaitu saat sahur dan berbuka. Maka, pastikan pula jumlah makanan yang kamu konsumsi itu cukup.

2. Cukupi Kebutuhan Minum

Setiap orang bisa memiliki kebutuhan air minum yang berbeda. Tapi, disarankan jumlah air yang diminum per harinya sebanyak 1,5 hingga 2 liter.

Selain itu, disarankan supaya kamu tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat di siang hari. Karena, jika udaranya panas dikhawatirkan bisa menyebabkan dehidrasi.

3. Pastikan Lamanya Waktu Tidur Cukup

Berdasarkan artikel yang aku baca dari helloSEHAT, orang dewasa membutuhkan waktu istirahat 7 sampai 9 jam per harinya.

Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Jika diperlukan, kamu bisa tidur siang.

 

Semoga beberapa tips di atas bisa berguna ya! Kalo kamu mau menambahkan tips lainnya, silahkan tulis di kolom komentar!

 

 

Referensi Bacaan :
https://www.instagram.com/p/CNuJjwCAY_a
https://www.sehatq.com/artikel/olahraga-saat-puasa-ternyata-berdampak-baik-untuk-tubuh#waktu-olahraga-saat-puasa-kapan-harus-dilakukan
https://hellosehat.com/kebugaran/tips-olahraga-saat-puasa/

 

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/chXPkX_29m4

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: