5 Langkah Mudah Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa

meningkatkan produktivitas saat puasa

Memang terkadang rasanya di bulan Ramadan itu justru badan lebih cepat lelah, lemas, dan mengantuk.

Jadinya lebih banyak tidur, mager, atau malah bermalas-malasan. Iya apa iya?

Sayang sih kalo di bulan Ramadan ini malah kurang produktif, karena justru di bulan suci ini ketika melakukan kebaikan nanti pahalanya dilipatgandakan.

Terus gimana dong langkahnya untuk meningkatkan produktivitas saat puasa? Kalo kamu memang lagi cari solusinya, baca sampai tuntas ya!

 

1. Cobalah untuk Beristirahat yang Cukup dan Benar

Mungkin kalo di hari-hari biasa, kamu bisa mengerjakan sesuatu sampai larut malam atau malah sambil begadang.

Sebaiknya di bulan Ramadan kamu jangan melakukan hal yang sama. Lebih baik selepas tarawih, jika tidak ada hal penting atau mendesak yang harus dikerjakan langsung aja tidur.

Istirahat yang cukup dan benar dapat membuat tubuhmu lebih segar, sehingga lebih produktif melakukan aktivitas.

 

2. Membuat Daftar Rencana

Buatlah daftar rencana berupa hal-hal apa saja yang akan kamu kerjakan dalam satu hari.

Hal ini dapat membantumu untuk fokus dalam menyelesaikan hal-hal yang memang perlu atau wajib kamu tuntaskan.

Supaya lebih menarik dan membuatmu lebih bersemangat, coba deh kamu mebuat daftar rencana dengan kreatif.

 

3. Jangan Menunda-Nunda Pekerjaan!

Setelah kamu membuat daftar pekerjaan, kamu bisa membaginya menjadi beberapa bagian mulai dari yang mendesak hingga yang tidak terlalu mendesak.

Kemudian langsung kerjakan, jangan ditunda-tunda! Lebih bagus lagi, setelah subuh kamu langsung mengerjakan pekerjaanmu.

“Duh, tapi habis sholat subuh aja kadang suka ngantuk terus tidur lagi.”

Cobalah kendalikan dirimu dengan langsung menggerakkan tubuhmu untuk menuntaskan pekerjaan setelah selesai sholat subuh.

 

4. Melakukan Olahraga

Salah satu cara menjaga kesehatan ketika berpuasa yaitu dengan melakukan olahraga. Nah, daripada habis subuh langsung tidur, sebaiknya kamu olahraga yang ringan-ringa aja.

Tubuh yang sehat, segar, dan bugar sangat membantumu untuk meningkatkan produktivitas ketika berpuasa.

Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan diantaranya yoga, push up dan sit up, dan stretching.

 

5. Membatasi Aktivitas yang Kurang Penting

Di bulan yang suci ini, kita nggak cuma disibukkan dengan target untuk mengerjakan urusan pekerjaan atau kuliah.

Tapi, kamu juga mungkin punya target-target dalam beribadah. Betul nggak?

Nah, kalo iya mendingan kamu coba membatasi aktivitas-aktivitas yang kurang penting atau justru menghambat kamu untuk produktif. Contohnya seperti bermain gadget.

 

Setelah kamu membaca sampai sini, gimana sih menurut kamu tentang tips meningkatkan produktivitas di atas?

Kamu boleh kasih tanggapan apapun di kolom komentar ya!

 

 

Referensi bacaan:
https://www.beautynesia.id/berita-others/tips-agar-tetap-produktif-saat-berpuasa/b-205416
https://beritabaik.id/read?editorialSlug=gaya-hidup&slug=1557113387217-7-tip-sederhana-agar-tetap-produktif-di-bulan-puasa

 

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/n9u9ZEoH2yM

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: