Apa Harapan Terbesar untuk Blog Kamu? Coba Jawab!

harapan untuk blog

Waw, jujur untuk seseorang yang belum lama aktif di dunia blog, awalnya agak bingung mau jawab apa untuk pertanyaan itu.

Karena masih banyak banget yang perlu dipelajari tentang dunia blog ini. Istilah-istilah di dunia blog aja, masih ada beberapa yang aku kurang paham.

Apa kamu juga pernah mengalami hal yang sama? Atau lagi mengalami hal itu juga mungkin?

Setelah aku mencoba memikirkan tentang apa harapan terbesar untuk blog ini, ada satu jawaban yang terlintas dalam pikiranku.

 

Wadah Nulis Dikenal Banyak Orang

Kelak, aku berharap Wadah Nulis menjadi blog yang dikenal banyak orang karena kualitas dari isi blognya.

Konten-kontennya yang bermanfaat, berkualitas, menarik, dan enak dibaca. Untuk mencapai ini, aku masih berlatih juga.

Ngomong-ngomong tentang konten, mungkin timbul pertanyaan darimu seperti ini…

“Memang ke depannya nanti blog ini bakal ngangkat topik apa aja sih?”

Baca juga: Kenapa Blog Nggak Pake Nama Sendiri?

 

Topik yang Akan Dibahas di dalam Blog Ini

Semenjak memutuskan self hosted, aku berencana mengisi blog yang ini dengan topik-topik yang ada hubungannya dengan pengalaman kuliah dan bekerja.

Jadi, bakal banyak topik mengenai jurusan teknik kimia dan lingkungan.

“Cinta banget ya sama teknik kimia dan lingkungan?”

Alasan utamanya sih karena berangkat dari kegelisahan diri sendiri di masa-masa lampau mengenai jurusan kuliah yang diambil.

Nggak semua orang langsung kebayang lho jurusan teknik kimia itu seperti apa bahkan setelah nyemplung ke dalamnya. Kalo kamu satu jurusan denganku, setuju nggak? Hehe.

Sedangkan, bidang lingkungan sendiri itu berdasarkan pengalaman kerjaku di konsultan lingkungan. Sejak 2018 sampai 2020 aku pernah menjadi penyusun dokumen lingkungan hidup.

Aku pikir tentang lingkungan ini perlu diketahui oleh banyak orang. Apalagi tentang dokumen lingkungan, pemilik kegiatan usaha yang memberi dampak pada lingkungan harus paham betul mengenai dokumen lingkungan.

Baca juga: Kenapa Telat Sadar Salah Jurusan Kuliah?

 

Bukan Topik yang Serius

“Topik-topik yang dibahas serius juga ya?”

Mungkin terkesan serius, tapi aku bakal berusaha mengemasnya dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami dan enak dibaca, terutama oleh anak muda.

Selain kedua topik di atas, aku juga ingin berbagi tentang perjalananku belajar menulis dan bagaimana aku menjadi seorang Freelance Content Writer tahun 2020 lalu.

Aku juga suka dengan beberapa topik bahasan lainnya, seperti hal-hal yang ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari atau sosial.

 

Mohon Doanya ya…

Jadi, aku minta doanya ya dari kamu. Mudah-mudahan ke depannya blog ini bisa terkelola dengan baik.

Dan tetap konsisten berkontribusi mengisi dunia digital dengan konten-konten yang berkualitas dan kaya manfaat.

 

Sampe situ dulu deh ceritanya. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar ya!

 

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/close-up-of-text-311391/

11 thoughts on “Apa Harapan Terbesar untuk Blog Kamu? Coba Jawab!

  1. JokU

    Wahh.. Keren kak Ri, sama harapannya seperti saya. Berharap uga saya dengan hobi blog bisa mendapatkan imbalan sedikit cuan, eh banyak ding banyak, lw bisa.

    Btw soal penulis konten, saya sebenernya uga pengen kak, buat penghasilan, tapi saya kok ga tau harus kemana. Mungkin kak Ri bisa kasih saran / linknya?

    1. Driyarta Lumintu

      soal cuan, aku yakin nggak cuma kak joko aja yang pengen haha.
      ooh, kalo kak joko mau nambah penghasilan dari bikin konten, cobain aja kak ambil kerjaan freelance dari beberapa platform. misalnya kaya di projects.co.id dan fastwork.id.

  2. JokU

    Dulu saya sempet kak maen itu, tapi tak kunjung dapat job aku stop. Mungkin harus ada portofolio nya dulu yang meyakinkan, saya ga ada itu. Apakah kita masukkan alamat blog kita kira2 bisa membantu kak?

    1. Driyarta Lumintu

      tips utamanya kita harus punya daya yang menjual kemampuan kak kalo mau dapet job dari platform-platform freelance semacam itu.

      nah, bener masukin aja alamat blog kita kak sebagai portofolio. atau link tulisan kita di platform lain, kalo pernah jadi kontributor. selain itu bisa juga kak ngerancang protofolio online di sini journoportfolio.com.

      aku sendiri masih pemula sih kak, masih sedikit pengalamannya. cuma ngasih portofolio itu cukup bikin orang lain tertarik kak.
      mudah-mudahan membantu ya kak.

  3. JokU

    Bisa liat contoh portofolia kk ga via DM or sini? Soalnya saya pernah buat uga tapi ga tau sebenernya yang saya buat itu.

    1. Driyarta Lumintu

      boleh banget kak, ini link portofolionya: https://bit.ly/35XNsSv

  4. JokU

    Oke kak, makasih infonya, makasih uga contoh portonya kak. Cari cuan dulu kak, mudah2an dapat job. Udah dulu yaa kak. Maap merepotkan hehehe

    1. Driyarta Lumintu

      aamiin.. semoga sukses ya kak!

      selow ajaa kak

      1. JokU

        Aamiin. Makasih kak. woles tapi gerak cepat kak. Hehehe

  5. Tika Insani

    Semangat ya Mbaaa! Ntah aku yang kurang jauh blogwalkingnya atau emang aku jarang ketemu yang mau fokus membahas tema ini. Karena kayak yang Mba bilang mungkin bagi sebagian orang ini berat lho! Tapi, gak bisa dipungkiri banyak juga yang butuh ilmu tapi malah gak nemu wadahnya. Semoga bisa konsisten Mba ?

    Kalo ngomongin harapan terbesar, aku sendiri sih pengennya blog aku bisa jadi tujuan utama orang-orang kalo lagi butuh rekomendasi. Ya, karena aku sebagian besar bahasnya buku dan film makanya aku berharap nanti kalo orang bingung mau baca apa larinya ke blogku hahaha sederhana banget ya tapi kayaknya ini udah paling sesuai kemampuan banget ?

  6. Kyndaerim

    Teknik kimia dan lingkungan? Keren tuh.. Aku jarang juga nemu blogger yg bahas itu, hehe..

    Aku punya akun di project dan freelancer, tapi lebih sering terpanggil dari Vira.id, Sosiago.id, dll, dan coba ikut lomba-lomba blog, walau jarang menang, haha tapi ikutin aja terus, lama-lama jadi tau tekniknya, eeaa..

    Kalo aku sih harapan buat blog supaya dapet PV dan UV yg makin meroket, dan itu artinya aku juga harus makin banyak nulis yg bermanfaat dan banyak dicari pembaca, hehe..

    Sebuah harapan yg simple tapi nggak cukup simple buat dilakuin, haha..

    Semangat nulis ya buat kita semuaaa…

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: